Kamis, 01 November 2012

BETAPA BERHARGANYA SEORANG TEMAN


Sewaktu saya masih kecil saya menganggap teman sebagai orang yang selalu bermain dengan kita, orang yang sering nyamperin ke rumah manggil-manggil nama saya untuk bermain. Saya menganggap teman kala itu yaa orang yang biasa. Biasa “ceng-cengan”, biasa klo berantem. Tapi otak dan hati saya pun berkembang. Sayapun mulai menghargai yang namanya teman. Karna mempunyai teman itu seperti mempunyai keluarga. Malah bisa dibilang lebih dari keluarga karna dengan merekalah kita bisa mencurahkan segala “unek-unek” kita. Kitapun bercanda ria dengan teman. Tertawa lepas sekedar melepas keboringan yang melanda. Semua dilakukan serba dengan teman. Tak bisa dibayangkan bagaimana rasanya tidak mempunyai teman. Dunia serasa ingin memakan kita.
Itulah naluri manusia, membutuhkan orang lain. Saya sendiri baru merasakan betapa berharganya mereka ketika saya berad di pondok pesantren. Disana kehidupan saya 100% dilakukan bersama teman. Dari mulai bangun, sholat, makan, dll. Saya juga mulai tahu man yang namanya teman dan sahabat. Ternyata sahabat itu lebih mendalam artinya daripada teman. Teman bisa dibilang hanyalah orang yang sering bersama kita, namun mereka tidak pernah mengerti kita. Lain dengan yang namanya sahabat. Mereka selalu ada untuk kita, misalnya jika mereka sedang sibuk mengerjakan tugas dan tiba-tiba datang saya maka dia akan meluangkan waktunya untuk kita. Walaupun sebentar namun pasti dia menyisihkan sedikit waktu untuk kita.
Sebenarnya bisa dibilang banyak sekali perbedaan antara teman dan sahabat. Pemirsa dapat bertanya sendiri kepada mbah google.hehe Tapi menurut saya apakah dia sahabat atau teman tidaklah penting karna biasanya perpisahan akan membuat teman menjdi sahabat dengan sendirinya. Maksudnya? Coba aja liat ekspresinya ketika anda bertemu dengan teman yang telah lama tidak bertemu. Pasti kalian akan merasa dekat sekali dengannya padahal saat menjadi teman kalian tidak begitu dengannya. Karna itu, perpisahan kadang membuat segalanya indah. Kalu bukan karna perpisahan, kalian gak akan merasa betapa berharganya mereka. Lain halnya dengan saat kalian belum pernah berpisah. Bener kan?





Saya cuma bisa berpesan carilah teman sebanyak-banyaknya tak peduli mereka jelek atau bodoh karna pada suatu saat mereka akan menjadi orang yang paling berarti dalam hidup kalian. Dan jagalah mereka layaknya kalian menjaga benda berharga kalian. Ketika kalian mempunyai salah, segeralah minta maaf tak peduli siapa yang salah, minta maaflah karna mengalah itu termasuk sifat pemenang. Jangan pernah kalian melupakan teman lama kalian ketika kalian mendapat teman baru karna dia akan merasa tidak berarti lagi bagi kalian. Selalu jaga tali persahabatan kalian dengan mereka dengan selalu berkomunikasi dengannya mau iti sehari sekali atau seminggu sekali atau sebulan sekali atau bahkan setahun sekali. Selalu tanyakan kabarnya, karna itu menunjukkan kepedulian kalian dengannya. Jadikanlah teman kalian berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar